Kabel laut jasuka jadi penyebab indihome lemot, down hari ini september 2021

Kabel laut jasuka jadi penyebab indihome lemot, down hari ini september 2021

Pada Minggu (19/9/2021), jaringan internet Indihome dan Telkomsel dilaporkan padam dan berlangsung hingga Senin (20/9/2021).

Insiden tersebut memicu diskusi luas di kalangan netizen, bahkan menjadi topik hangat di Twitter.

Penyebab

Menurut Pujo Pramono, Vice President Corporate Communication Telkom, penyebab matinya jaringan Indihome dan Telkomsel telah diketahui.

Gangguan diperkirakan terjadi sekitar 1,5 kilometer di lepas pantai Batam, pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Pujo menyatakan, pihaknya segera melakukan perbaikan infrastruktur agar berjalan normal.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com (19/9/2021), SVP Corporate Communication & Investor Relations Telkom Ahmad Reza menyatakan terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) untuk porsi Batam-Pontianak. pada Jumat (19/9/2021).

Gangguan ini berdampak pada kualitas layanan TelkomGroup di berbagai lokasi di Indonesia, termasuk fixed dan mobile broadband.

"Saya ingin menyampaikan penyesalan atas kejadian ini. Saat ini, kami telah mengalihkan lalu lintas ke koneksi komunikasi alternatif ke Batam untuk memulihkan kualitas layanan pada tengah malam ini," katanya kepada Kompas.com, Minggu (19/9/2021). .

Pemadaman internet dimulai pada Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 17.33 WIB dan ternyata bertahan hingga Senin pagi (20/9/2021).

Meskipun demikian, TelkomGroup berpendapat bahwa layanan fixed dan mobile broadband terus berlanjut di berbagai kabupaten di Indonesia.

Pujo menambahkan, menyusul rusaknya infrastruktur komunikasi kabel Laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, dilakukan pengalihan lalu lintas ke Batam.

Hal ini dilakukan dengan memperluas kapasitas banyak koneksi di Indonesia, termasuk di Papua, Kalimantan, dan Jawa.

Selain itu, gerbang internasional di Manado juga dioptimalkan.

Wilayah yang terkena dampak

Menurut Kompas.com (20/9/2021), Denny Abidin, Vice President Corporate Communication Telkomsel, meminta maaf atas gangguan jaringan internet yang terjadi.

Akibat gangguan tersebut, layanan internet di sejumlah lokasi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua terganggu.

Disebutkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki penyebab pemadaman dan memprioritaskan pemulihan konektivitas.

"Saat ini kami bekerja sama dengan Telkom Group untuk menentukan sumber gangguan (Indihome dan Telkomsel) dan memprioritaskan percepatan pemulihan layanan internet di semua lokasi terdampak," tambah Denny dalam wawancara terpisah.

Sejumlah pengguna internet Indihome dilaporkan mengalami gangguan jaringan pada Senin pagi (20/9/2021).

Berbagai acara komunitas, seperti gathering atau pertemuan menggunakan Zoom, serta kegiatan pendidikan, seperti ujian tengah semester, juga terkena imbasnya (UTS).

"Indihome tengok sekali, menolak konek lewat hp atau laptop, tidak bisa apa-apa, ada kelas pakai Zoom, dan kuota yang sekarat mana," tulisnya.

Selain itu, beberapa pengguna khawatir hilangnya layanan Indihome dapat mempengaruhi kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) hari ini.

Telkom menyatakan bahwa layanan TelkomGroup, termasuk fixed dan mobile broadband, telah pulih secara bertahap di berbagai wilayah Indonesia menyusul terganggunya infrastruktur komunikasi kabel bawah laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan).

Telkom dengan sigap mengalihkan lalu lintas sebagai jalur komunikasi alternatif ke Batam menyusul gangguan tersebut.

Diantaranya perluasan kapasitas banyak link di seluruh wilayah Indonesia, antara lain dari Papua, Kalimantan, dan Jawa, serta optimalisasi gerbang internasional di Manado.

“Fokus kami hanya mengembalikan layanan normal dan memungkinkan konsumen untuk terus menggunakannya seperti biasa,” kata Pujo Pramono, Vice President Corporate Communication Telkom.

Sementara itu, gangguan diketahui berasal dari sekitar 1,5 kilometer di lepas pantai Batam, pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

Setelah mengidentifikasi sumber gangguan, kami segera memulai upaya perbaikan untuk memulihkan operasi normal infrastruktur.

Selain itu, Pujo menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan TelkomGroup yang selama ini konsisten menggunakan layanan TelkomGroup. “Telkom berkomitmen untuk menyediakan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi semua pelanggan.”

Tag Terkait:
Sumber:

BERITA TERKAIT