Embrio pada tubuh induk betina mamalia akan mengalami perkembangan di dalam

Embrio pada tubuh induk betina mamalia akan mengalami perkembangan di dalam

Dari mamalia hingga marsupial, berikut beberapa contoh hewan vivipar dan jenisnya.

Hewan berkembang biak dengan melahirkan keturunan. Rahim induk betina adalah tempat makhluk vivipar dibuahi. Zigot adalah ovum yang telah dibuahi oleh sperma.
Zigot kemudian tumbuh dan berkembang menjadi embrio di dalam rahim mamalia vivipar. Menurut Ilmu Pengetahuan Alam Yanti Herlianti dkk, fase pertumbuhan dan perkembangan embrio ini dikenal dengan masa gestasi.
Kehadiran periode kehamilan, di mana embrio tumbuh dalam rahim induk betina, adalah salah satu ciri spesies vivipar. Hewan mamalia adalah yang paling umum melahirkan. Namun, ada mamalia yang tidak vivipar.


kerbau--
Hewan-hewan berikut termasuk dalam kelompok vivipar:

1. Spesies mamalia
Mamalia adalah hewan vertebrata dengan kelenjar susu pada betina untuk memberi makan anak, rambut, dan tubuh endotermik (berdarah panas) mereka.
Kambing, kuda, sapi, kerbau, kelinci, gajah, kucing, dan singa adalah contoh mamalia vivipar.
Mamalia yang berkembang biak sebagai hewan bertelur atau bertelur juga terlihat. Platipus dan echidna adalah dua mamalia yang bertelur. Monotremata adalah spesies mamalia yang menyimpan telur.

2. Marsupialia
Marsupial adalah mamalia dengan marsupium, atau kantong, pada betinanya. Akibatnya, hewan berkantung juga dikenal sebagai hewan berkantung. Lahir prematur dan kecil, bayi marsupial berkembang di kantong ibu mereka.
Kanguru, koala, dan wombat adalah contoh makhluk vivipar dalam keluarga berkantung.


animal kingdom--

Apa saja hewan yang, selain vivipar, bereproduksi secara ovovivipar?

Ovipar
Oviparitas adalah jenis reproduksi di mana telur dikeluarkan dan berkembang dan menetas di luar tubuh ibu. Burung, ikan, serangga, katak, dan amfibi lainnya adalah contoh hewan yang berkembang biak secara ovipar.

Ovovivipar
Reproduksi ovovivipar didefinisikan sebagai reproduksi yang dicapai dengan menumbuhkan telur di tubuh ibu tanpa embrio menerima makanan dari ibu, menurut KBBI.
Hewan ovovivipar adalah mereka yang berkembang biak dengan menyimpan telur dan melahirkan. Hiu, reptil, kadal, dan kulit pasir adalah contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ini.

Tag Terkait:
Sumber:

BERITA TERKAIT