Metamorfosis sempurna dan tidak sempurna pada serangga dibedakan oleh adanya

Metamorfosis sempurna dan tidak sempurna pada serangga dibedakan oleh adanya

Dengan Contoh, Jelaskan Perbedaan Antara Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna.
Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, beberapa hewan mengalami metamorfosis. Metamorfosis sempurna dan tidak sempurna adalah dua jenis yang berneda. Adakah yang tahu perbedaan antara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?
Metamorfosis adalah perubahan bertahap dalam struktur fisik dari larva hingga dewasa. Menurut buku Ilmu Pengetahuan Alam karya Wasis dan Sugeng Yuli Irianto, metamorfosis terjadi pada serangga dan hewan amfibi.


fase nimfa hewan-zen-zen
Metamorfosis Katak
Katak adalah salah satu contoh amfibi yang mengalami metamorfosis. Zigot adalah titik awal untuk pertumbuhan dan perkembangan katak. Setelah itu, zigot tumbuh menjadi embrio.
Setelah seminggu, larva berkembang, yang biasa disebut berudu. Pada awalnya Kecebong atau berudu bernapas menggunakan tiga insang luar. Kecebong kemudian akan menggunakan insang yang dalam untuk menggantikan pernapasan. Penutup insang dan kaki belakang berkembang kemudian.
Kecebong mengalami metamorfosis setelah tiga bulan. Metamorfosis kecebong ditandai dengan perkembangan paru-paru dan empat kaki, hilangnya insang dan ekor, hingga transformasi menjadi katak.
Kecebong memiliki kepribadian yang berbeda dari katak. Kecebong adalah herbivora di air, tetapi katak adalah karnivora di darat.
Serangga mengalami metamorfosis.
Larva adalah serangga yang baru menetas. Kupu-kupu dan capung misalnya, memiliki fase larva yang sangat berbeda dengan bentuk dewasanya.
Larva kupu-kupu yang disebut ulat, yang memiliki mulut tipe mengunyah, merupakan gambaran kontras antara larva dan bentuk dewasa. Kupu-kupu, di sisi lain, memiliki mulut seperti pengisap. Larva capung tinggal di air, tetapi capung dewasa bisa terbang dan hidup di darat.
Meskipun berbeda, beberapa serangga memiliki bentuk yang hampir sama ketika menetas saat dewasa. Belalang, kecoa, dan jangkrik adalah contohnya.
Metamorfosis serangga dapat dikategorikan menjadi dua jenis berdasarkan prosesnya: metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
Apa perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna?
Perbedaan pertama adalah bahwa transformasi lengkap dibedakan oleh fase pupa atau kepompong. Telur -> larva -> pupa (kepompong) -> dewasa adalah tahapan transformasi lengkap (imago).
Metamorfosis tidak sempurna, di sisi lain, dibedakan dengan tidak adanya fase kepompong. Telur -> nimfa (serangga yang baru menetas) -> dewasa adalah tahap metamorfosis parsial (imago)
Perbedaan kedua adalah bahwa bentuk larva serangga dewasa sangat berbeda selama metamorfosis sempurna. Ulat dan kupu-kupu adalah dua contohnya. Ulat adalah larva yang menetas dari telur kupu-kupu. Ulat tidak sama dengan kupu-kupu.


Pengertian Metamorfosis--
Sedangkan pada metamorfosis tidak sempurna, nimfa atau serangga yang baru menetas memiliki morfologi yang mirip dengan serangga atau imago dewasa.
Perbedaan utama antara nimfa dan dewasa adalah bahwa nimfa tidak memiliki sayap. Sayap secara bertahap akan tumbuh lebih besar hingga menyerupai bentuk dewasa. Secara umum, nimfa dan dewasa memiliki karakteristik yang sama.
Larva ulat tidak memiliki sayap pada tahap metamorfosis ini, dan tidak ada bukti pembentukan sayap. Larva serangga adalah pemakan yang sangat sibuk ketika mereka dalam bentuk larva.
Setelah itu, larva berubah menjadi kepompong. Ada larva yang langsung menghasilkan pupa, ada juga yang mencari perlindungan dari lipatan daun, tanah atau pasir halus, sayatan kayu halus, dan lain-lain sebelum membuat pupa. Kepompong atau kepompong adalah kepompong pelindung yang mengelilingi kepompong.
Serangga tidak mengkonsumsi secara aktif saat dalam tahap pupa, namun proses metabolisme terus berlanjut. Kutu tersebut akan menjadi dewasa setelah melewati tahap pupa (imago).
Contoh metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
Kupu-kupu, lalat, nyamuk, lebah, dan kumbang adalah contoh transformasi lengkap. Jangkrik, kecoa, dan belalang adalah contoh metamorfosis tidak sempurna.
Tahukah Anda apa perbedaan antara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna? Makhluk apa yang Anda amati melalui proses transformasi?

Tag Terkait:
Sumber:

BERITA TERKAIT