Intip Tren Penjualan Makanan Pedas 2022, Generasi Milenial Jadi Penggemar Tertinggi

0
34

Kategori Makanan dan Minuman–yang terdiri dari berbagai jenis produk termasuk makanan pedas–menjadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2022. Hal ini diungkapkan Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Kilas Balik Tren Penjualan Makanan Pedas Sepanjang 2022 di Tokopedia

Menyambut Hari Makanan Panas dan Pedas Sedunia (International Hot and Spicy Food Day) pada 16 Januari 2023, Tokopedia melalui Ekhel membagi tren penjualan makanan di Tokopedia selama 2022, khususnya jajanan pedas terlaris.

1. Tiga Makanan Pedas Kekinian Paling Laris
Tokopedia mencatat kerupuk bawang pedas, bakso digoreng (basreng) dan keripik usus pedas menjadi produk makanan pedas kekinian yang paling laris sepanjang 2022.

“Makanan dengan cita rasa pedas banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini mendorong banyak pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, menawarkan berbagai jenis makanan pedas, misalnya melalui salah satu kampanye di platform kami, Tokopedia NYAM!,” ujar Ekhel.

2. Penjualan Seblak, Ayam Geprek, dan Oseng Mercon Naik Signifikan
Makanan pedas kekinian lain, seperti seblak, mengalami peningkatan jumlah transaksi di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat di tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. “Selain itu, penjualan ayam geprek melonjak lebih dari 1,5 kali lipat, sedangkan transaksi oseng mercon naik hampir 2 kali lipat lewat Tokopedia,” tambah Ekhel.

3. Jenis Sambal Paling Laris
Bagi sebagian masyarakat, makanan terasa belum lengkap jika tidak ada sambal. Racikan sambal dari berbagai daerah di Indonesia memiliki cita rasa tersendiri. “Dari berbagai jenis sambal yang ada, sambal bawang, sambal cumi dan sambal terasi merupakan jenis sambal yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia selama 2022,” jelas Ekhel.

4. Daerah yang Paling Banyak Beli dan Jualan Makanan Pedas
“Jabodetabek, Bandung, Medan dan Surabaya merupakan beberapa daerah yang paling sering membeli makanan pedas sekaligus memiliki jumlah penjual makanan pedas tertinggi di Tokopedia sepanjang 2022 lalu,” tambah Ekhel.

5. Generasi Milenial Paling Sering Beli Makanan Pedas Kekinian
Makanan pedas digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia dari berbagai daerah, latar belakang dan generasi. “Tokopedia mencatat generasi milenial, yaitu masyarakat yang lahir pada tahun 1981-1996, menjadi generasi yang paling sering membeli jajanan pedas terlaris di Tokopedia sepanjang 2022,” tutup Ekhel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here